Friday, January 23, 2015

tugas keempat


1.       Sebutkan dan jelaskan Properti Sistem yang memberikan Keamanan untuk sebuah system !
Jawabannnya :
Integritas Fungsional
Kemampuan untuk melanjutkan operasi jika salah satu / lebih komponen tidak
berfungsi
Audibilitas (Kemampuan dapat terdengar)
Mudah untuk diperiksa, diverifikasi atau didemonstrasikan penampilannya berarti
harus lulus dalam pengujian Accountability & Visibility
Daya kontrol
Penghambatan pengaruh terhadap sistem yaitu dengan membagi system menjadi
subsistem yang menangani transaksi secara terpisah
2         Komputer yang ada dalam jaringan memberikan peluang resiko keamanan yang lebih besar daripada komputer yang ada didalam suatu ruangan. Sebut dan jelaskan Area control untuk komunikasi data !
Komunikasi data adalah bagian dari telekomunikasi yang secara khusus berkenaan dengan transmisi atau pemindahan data dan informasi diantara komputer-komputer dan piranti-piranti yang lain dalam bentuk digital yang dikirimkan melalui media komunikasi data. Komunikasi data adalah bagian dari telekomunikasi yang secara khusus berkenaan dengan transmisi atau pemindahan data dan informasi diantara komputer-komputer dan piranti-piranti yang lain dalam bentuk digital yang dikirimkan melalui media komunikasi data. Komunikasi data adalah bagian dari telekomunikasi yang secara khusus berkenaan dengan transmisi atau pemindahan data dan informasi diantara komputer-komputer dan piranti-piranti yang lain dalam bentuk digital yang dikirimkan melalui media komunikasi data.

Penghantar/pengirim, adalah piranti yang mengirimkan data
Penerima, adalah piranti yang menerima data
Data, adalah informasi yang akan dipindahkan
Media pengiriman, adalah media atau saluran yang digunakan untuk mengirimkan data
Protokol, adalah aturan-aturan yang berfungsi untuk menyelaraskan hubungan


3.       Prototype dapat memberikan ide bagi pembuat dan pemakai potensial tentang cara sistem
berfungsi dalam bentuk lengkapnya, proses akan menghasilkan prototype (prototyping),
sebutkan dan jelaskan jenis – jenis prototype !


Jenis I
Langkah – langkahnya :
-Mengidentifikasi kebutuhan user.
-Mengembangkan prototype.
-Menentukan apakah prototype dapat diterima.
-Menggunakan prototype.

Jenis II 
Langkah – langkahnya :
-Mengadakan sistem operasional.
-Menguji sistem operasional.
-Menentukan jika sistem operasional dapat diterima.
-Menggunakan sistem operasional.


4. Sebutkan dan jelaskan sumber daya informasi perusahaan !
sumber daya informasi perusahaan

Hardware
Hardware merupakan element dari sistem computer. Perangkat yang dapat lihat dan dapat sentuh secara fisik, seperti perangkat masukan, perangkat pemroses, maupun perangkat keluaran.
Software
Software tidak dapat disentuh dan dilihat secara fisik, software memang tidak tampak secara fisik dan tidak berwujud benda tapi bisa mengoperasikannya. Merupakan sekumpulan perintah yang dijalankan (atau dieskusi) oleh komputer. Program komputer ini terdiri dari susunan logika untuk menjalankan suatu pekerjaan tertentu di komputer. Melibatkan berbagai komponen dalam computer, seperti system operasi, program, dan data yang disimpan atau dibaca. Logika yang ada dalam perangkat lunak tersebut disusun sedemikian rupa sehingga computer dapat memahami dan menjalankan instruksi yang terkandung didalamnya.
Spesialis Informasi
Spesialisasi informasi (information specialist) untuk mengambarkan pegawai perusahaan yang sepenuh waktu bertanggung jawab mengembangkan dan memelihara system berbasis komputer.

5 golongan utama spesialis informasi :
Analis Sistem (system analist)
Pengelola Database (database administrator)
Spesialis Jaringan (network specialist)
Programmer
Operator
Pemakai (Manusia)
End user sinonim dengan pemakai, ia menggunakan produk akhir suatu sistem berbasis komputer. Jadi, end-user computing (EUC) adalah pengembangan seluruh atau sebagian sistem berbasis komputer oleh para pemakai.

End-user computing berkembang karena empat pengaruh utama, yaitu :

Meningkatnya pengetahuan tentang komputer
Antrian jasa informasi
Perangkat keras yang murah
Perangkat lunak jadi
Fasilitas (Mesin)
Fasilitas merupakan sumber daya untuk menyimpan dan mendukung sisem informasi, contohnya teknologi informasi. Dengan menggunakan fasilitas yang ada untuk menyimpan dan mendukung sumber daya tersebut.
DataBase
Basis data (database) adalah kumpulan dari berbagai data yang saling berhubungan satu dengan yang lainnya. Basis data tersimpan di perangkat keras, serta dimanipulasi dengan menggunakan perangkat lunak. Pendefinisian basis data meliputi spesifikasi dari tipe data, struktur dan batasan dari data atau informasi yang akan disimpan. Database merupakan salah satu komponen yang penting dalam sistem informasi, karena merupakan basis dalam menyediakan informasi pada para pengguna atau user.
Informasi
Informasi adalah data yang diolah menjadi bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti bagi yang menerimanya. Data adalah kenyataan yang menggambarkan suatu kejadian-kejadian dan kesatuan yang nyata. Atau data adalah representasi dunia nyata yang mewakili suatu objek seperti manusia (pegawai, mahasiswa, pelanggan), hewan, peristiwa, konsep, keadaan, dll, yang direkam dalam bentuk angka, huruf, symbol, teks, gambar, bunyi atau kombinasinya.

5. Sebutkan dan jelaskan 6 tahap dasar untuk mencapai manajemen mutu !

Pusat dan perhatian pelanggan
Seluruh Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan harus memahami dan menyadari bahwa kelangsungan hidup lembaga sangat bergantung pada pelanggan. Oleh karena itu semua pihak harus berusaha dan kalau bisa melampaui harapan pelanggan, sehingga merekan puas menjadi pelanggan lembaga.

Kepemimpinan
Pemimpin pada semua tingkatan harus mampu menciptakan dan memelihara lingkungan intern unit kerjanya sehingga semua Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan di unit kerja tersebut dapat melibatkan diri secara penuh dalam upaya melaksanakan misi untuk mewujudkan visi lembaga.

Pelibatan Orang
Semua pimpinan unit kerja harus menyadari bahwa orang merupakan inti sebuah organisasi. Oleh karena itu pelibatan orang mutlak dilakukan untuk melaksanakan kegiatan apapun. Kemampuan semua orang perlu didayagunakan secara maksimal untuk manfaat unit kerja dan lembaga.

Pendekatan Proses
Hasil yang dikehendaki akan tercapai lebih efisien bila dalam melaksanakn suatu kegiatan, sumber daya terkait sebagai suatu proses.

Pendekatan system pada manjemen
Mengetahui,  memahami dan mengelola proses yang saling terkait sebagai suatu system memberi sumbangan pada keefektifan dan efisiensi lembaga dalam mencapai tujuannya.

Perbaikan Berlanjut
Perbaikan berlanjut (continual improvement) kinerja lembaga secara menyeluruh harus menjadi perhatian utama semua pihak mulai dari pemimpin tertinggi sampai pada semua staf di lapisan bawah.

Pedekatan fakta dalam pengambilan keputusan
Setiap pengambilan keputusan pada tingkatan apapun harus dilakukan berdasarkan data dan dan informasi yang objektif.

Sumber:




No comments:

Post a Comment